Tuesday, April 10, 2012

Apa Andalan Anda....

SEMUA kita mau hidup sejahtera. Tapi untuk mencapai hidup sejahtera itu, kita harus tahu apa yang bisa kita andalkan. Ada orang yang dengan mudah mencapai kesejahteraan dengan mengandalkan kekayaan, jabatan dan pengaruh orang tua atau kerabatnya. Tapi persoalannya, tidak semua kita bisa mengandalkan orang tua dan kerabat dalam mencapai hidup sejahtera. Sebagian dari kita berasal dari kalangan yang orang tua dan kerabatnya biasa-biasa saja.

Jadi bila tidak ada orang tua dan kerabat yang bisa kita andalkan untuk membantu kita hidup sejahtera, tidak ada jalan lain, selain mengandalkan diri sendiri. Tapi persoalannya, apakah diri kita sudah memiliki keandalan? Bila tidak, kita harus selalu meningkatkan kemampuan pribadi masing-masing. Jalan yang umumnya dilalui orang untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah lewat jalur pendidikan, baik formal maupun informal.

Patutlah diri Anda sendiri. Apa potensi diri Anda yang bisa dikembangkan. Cara yang paling mudah, kenali hobi dan minat Anda.  Biasanya, kalau kita bekerja pada bidang yang kita senangi, kita akan lebih mudah mencapai kesuksesan. Paling tidak kita akan memperoleh kebahagiaan dalam menjalani pekerjaan kita. Bisanya lantaran kita selalu bekerja tanpa kenal lelah, peluang karir juga akan semakin mudah. Sebab atasan akan senang mempercayakan tanggungjawab yang lebih besar kepada kita.

Seandainya Anda tidak mendapatkan pekerjaan sesuai minat atau hobi Anda, berupayalah menyenangi pekerjaan itu. Ingat, semakin senang Anda dalam bekerja, semakin mudah bagi Anda untuk mencapai keberhasilan. Sebab orang yang menyenangi pekerjaannya cenderung akan lebih bertanggungjawab. Selanjutnya pekerja yang dipandang bertanggungjawab, seperti dijelaskan di atas akan senangi atasan dan berkesempatan mendapatkan tanggungjawab yang lebih besar dan penghasilan yang lebih baik.

Kekuatan Anda yang lain, dalam mendapatkan posisi tawar adalah kemampuan dan keahlian. Semakin langkah keahlian Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan posisi dan gaji yang lebih baik. Kemampuan pekerja yang di atas rata-rata karyawan lain, tentu lebih disukai pemberi pekerjaan. Setiap pengusaha, selalu menginginkan kualitas produksi usaha yang terbaik. Jadi agar dilirik dan dihargai, tidak ada cara lain, selain meningkatkan keterampilan Anda. Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment