Saturday, April 14, 2012

Bagaimana Menemukan Keandalan Diri

TIDAK mudah menemukan keandalan diri dalam waktu yang singkat. Kalau Anda kesulitan menemukan keandalan diri Anda dalam waktu pendek, masalah itu sebenarnya bukan hanya problem Anda sendiri, namun masalah banyak orang. Bahkan ada orang yang sampai berumur lanjut dan bahkan sampai dia meninggal dunia, tidak menemukan keandalan dirinya. Sehingga mereka tetap hanya menjadi orang biasa-biasa saja. Selain tidak  tidak menikmati kebahagiaan batin dari pekerjaan, mereka juga tidak mendapatkan materi yang cukup dari pekerjaan dan usahanya.

Harapan semua orang adalah bisa mendapat kebahagiaan batin dan penghargaan materi dalam pekerjaan atau usahanya. Bilapun tidak keduanya, paling tidak bisa mendapatkan kebagian batin walau secara materi kurang atau mendapatkan materi yang banyak, walau tidak bahagia dalam menjalankan pekerjaan dan usahanya. Kalau bisa, ya, pekerjaan dan usaha yang kita lakukan bisa memberi kebahagiaan batin dan materi yang cukup. Namun bila Anda tidak mampu meraih kedua, usahakan salah salah satunya Anda dapatkan.

Jangan sampai Anda tidak bahagia atau tidak mendapat uang yang lumayan dalam pekerjaan atau usaha Anda. Bila itu terjadi pada Anda, itu berarti Anda sangat merugi dalam dunia ini. Oleh karena itu, bila Anda sulit mendapatkan materi yang cukup atau banyak dari pekerjaan atau usaha Anda, berusahalah untuk gembira dalam pekerjaan atau usaha Anda. bila tidak juga, ada baiknya baiknya Anda merenung dan menemukan bidang yang membuat Anda bahagia.

Sekarang ini hampir setiap bidang kegiatan bisa menghasilkan uang. Bila Anda senang bertani lakukanlah dengan tekun dan sabar. Sekarang ini hampir tidak ada produk pertanian yang tidak laku di pasar. Jika Anda senang berternak, Anda bisa memulai. Macam-macam usaha ternak bisa Anda lakukan. Mulai dari beternak burung hobi, seperti perkutut dan balam, yang tidak membutuhkan modal besar, karena bisa dibuat  di lingkungan dan kandang kecil.

Begitu juga bila Anda menyenang bidang perikanan. Anda bisa memulai pembibitan ikan laga dan ikan hias di akuariuam atau ember kecil. Bila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membuat kolam pembibitan atau pembesaran ikan seperti lele, nila, ikan mas, gurami dan lain sebagainya.

Tidak hanya bidang itu. kalau Anda pandai memasak, Anda bisa mengelola rumah makan atau menjalankan usaha induastri makanan rumahan. Kebutuhan orang akan makanan tidak akan pernah terpenuhi. Sebab mulai dari bangun hingga tidur lagi, orang selalu memikirkan makanan dan minuman. Mereka akan bila lapar dan minum bila kehauasan. Potensi pasar ini bisa Anda manfaatkan, sambil menjalankan hobi memasak Anda.

Seandainya Anda mempunyai hobi menulis, Anda bisa melakukan pekerjaan yang berhubungan menulis, seperti wartawan, menulis artikel, cerita pendek dan novel. Bacalah, profil sejumlah penulis. Sejumlah penulis, terbukti bisa menjadi orang terkenal dan mendapat uang yang cukup. Artinya banyak bidang pekerjaan dan usaha yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan atau usaha yang menyenangkan.

Jadi seperti pernah saya katakan, kenalilah diri Anda dan apa yang bisa andalkan dari diri Anda. Andalah yang paling tahu minat dan kemampuan Anda. Lalu kembangkan dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang itu. Mudah-mudahan Anda mendapatkan kebahagiaan dengan menjadikan minat dan kesenangan Anda sebagai pekerjaan dan usaha.



No comments:

Post a Comment